Keajaiban Alam Di Dunia Es

Keajaiban alam di dunia es - di bumi kita ini terdapat kutub utara dan kutub selatan dimana daratan dan sekitarnya di selimuti oleh lapisan es yang sangat dingin. Wilayah tersebut juga sangat jarang dikunjungi oleh manusia, tanpa terkecuali oleh ilmuwan ataupun petualang. Sebagian besar mereka menemukan keunikan dan keajaiban. Berikut adalah beberapa keajaiban alam di dunia es.


1. Blue River, Greenland


Sungai ini adalah surga kayak di Greenland. Mencairnya gletser Petermann mengisi daerah dataran rendah dengan air biru yang menakjubkan. Pola pengisian yang berubah-ubah tiap musim menyebabkan bentuk sungai pun berubah bentuknya. Warna biru cerah berasal dari lumpur glasial.


2. Air terjun Glacier di Svalbard, Norwegia


Svalbard, yang berarti pantai dingin merupakan kepulauan di Kutub Utara, yang merupakan bagian utara dari Norwegia serta Eropa. Kota ini terletak sekitar 400 mil (650 km) sebelah utara dari daratan Eropa, tengah-tengah antara daratan Norwegia dan Kutub Utara. Meskipun begitu dekat dengan Kutub Utara, Svalbard relatif hangat, berkat efek pemanasan dari Gulf Stream, yang membuatnya layak huni. Bahkan, Svalbard adalah wilayah dihuni secara permanen paling utara di planet ini.

Kepulauan Svalbard mencakup total luas 62.050 km persegi (24.000 sq mi), dan hampir 60% darinya ditutupi oleh gletser dengan ujung gletser berakhir di laut. Gletser raksasa Bråsvellbreen, terletak di Nordaustlandet, pulau terbesar kedua di kepulauan itu, membentang sepanjang 200 kilometer (125 mil). Tepi es setinggi 15-20 meter (50-65 kaki) dari gletser ini dipotong oleh ratusan air terjun dari es yang mencair. Air terjun ini hanya dapat dilihat dalam bulan-bulan hangat.


3. Crystal Cave, Islandia

Gua ini adalah gua di es gletser hasil dari glasial mill atau Moulin, dimana hujan dan lelehan air di permukaan gletser tersebut mengalir masuk di celah-celah gletser. Arus air ini membuat lubang di gletser dan air terus menuju ke daerah yang lebih rendah dengan membentuk gua es panjang dengan outlet di ujung gletser.


Sedimen berbutir halus di dalam air bersama dengan sedimen yang dibawa angin menyebabkan aliran air lelehan beku muncul dalam warna berlumpur sementara atas gua menunjukkan warna biru. Karena gerakan cepat gletser dari sekitar 1 m (3 kaki) per hari di medan yang tidak rata, gua es ini retak di ujungnya ke dalam celah vertikal yang mendalam, disebut cerrac. Hal ini menyebabkan cahaya matahari langsung masuk ke gua es dari kedua ujungnya menghasilkan pencahayaan homogen dari terowongan es.


4. Elephant-Foot Glacier, Greenland


Gletser kaki gajah artik ditemukan di Greenland utara. Zona abu-abu pada ketinggian rendah di gletser adalah zona ablasi diukir oleh saluran air lelehan, jelas terpisah dari zona akumulasi permukaan putih yang lebih tinggi. Gletser unik ini terletak pada lokasi geografis yang menakjubkan di pantai utara-timur Greenland (81 ° N).


5. Striped Icebergs, Southern Ocean


Biasanya gunung es memiliki garis-garis biru dan hijau, tetapi kadang coklat. Fenomena ini sering terjadi di Samudera Selatan. Gunung es bergaris dengan beberapa pita warna, termasuk kuning, coklat, hitam dan biru, cukup umum di perairan dingin di sekitar Antartika. Gunung es terbentuk ketika potongan besar es putus dari rak es dan jatuh ke laut.


Itulah info dunia hari ini mengenai keajaiban di dunia es. Jangan lupa untuk menjaga lingkungin kita supaya pemasanan global dapat kita kurangi sehingga es di bumi bisa tetap stabil. 

Load disqus comments

0 comments