Makhluk Mitologi Jepang Paling Populer

Makhluk mitologi jepang - Banyak sekali makhluk aneh yang berkeliaran di bumi ini. Entah makhluk tersebut benar adanya ataupun hanya sebuah ilusi manusia, namun makhluk-makhluk aneh yang dipercaya ada oleh manusia ini menjadi sebuah makhluk mitologi yang menjadi cerita turun temurun hingga saat ini.

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kebudayaan dan cerita tentang makhluk mitologi. Makhluk mitologi jepang ini ada beberapa juga mempengaruhi kebudayaan maupun upacara adat di sana. Sebut saja seperti kappa yang di puja, tengu yang selalu di gambarkan dengan penampakan seperti pendekar pedang, atau raksasa Oni yang diceritakan gemar menyerang manusia.

Selain beberapa nama yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih ada banyak makhluk mitologi jepang yang ada dan dipercaya. Namun pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membahas beberapa makhluk mitologi Jepang paling populer. Berikut ulasannya.


1. Kappa

Mungkin kamu tidak terlalu kaget saat pertama kali melihat gambar makhluk ini. Bentuknya mirip setang kecil, sering juga disebut monyet air. Seekor Kappa memiliki lekukan di atas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang. Kappa biasanya minum darah tapi itu tergantung apakah dia baik atau jahat. 

https://www.crunchyroll.com/anime-feature/2015/07/27/feature-monster-mondays-the-kappa

Kappa suka mentimun dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi Kappa atau menghindari kesialan, mereka biasanya menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam Kappa. Makhluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji.

Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat Jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.


2. Komainu

https://alchetron.com/Komainu

Biasanya namun tidak selalu, patung hewan ini dibuat dari batu, dimana ia merupakan penjaga disisi-sisi pintu masuk ke kuil Shinto dan mempunyai banyak tugas yang hampir sama seperti Gargoyle di gereja-gereja barat. Selalu berpasangan dimana yang satu dengan mulut terbuka dan yang satunya mulut tertutup. Disebutkan mulut yang terbuka dan tertutup itu menyerupai mulut yang mengucapkan "A" (saat mulut terbuka) dan mengucapkan "UM" (saat tertutup) yang jika diucapkan secara bersamaan akan terdengar seperti om dalam bahasa sansekerta yang berarti awal dan akhir.


3. Maneki Neko

Tak selamanya makhluk mitologi di Jepang berwujud aneh dan mengerikan. Contohnya Maneki Neko yang dijuluki sebagai kucing pemanggil ini. Rupanya benar-benar persis seperti kucing sungguhan, hanya terdapat sedikit perbedaan dibagian tapak dan cakar mereka lebih besar dan mengepal seperti tangan manusia.

https://www.jcollector.com/Japanese-Ceramic-Maneki-Neko-Welcoming-Cat-p/jg8m92.htm

Sosok Maneki Neko sudah lama dianggap masyarakat Jepang sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan, untuk itu mereka biasa memajang patung mereka dirumah. Cerita tentang Maneki Neko sebagai makhluk legenda jepang sudah terkenal sejak jaman Jepang Kuno.

Saat itu ada seorang tuan tanah kaya raya sedang berlindung dari hujan badai dan petir dibawah pohon besar yang berada di halaman depan Kuil Gotoku-Ji. Ia sangat ketakutan kalau-kalau petir itu menyambar pohon yang jadi perlindungannya.

Ditengah badai yang begitu dahsyat tiba-tiba muncul seekor kucing milik pendeta kuil Gotoku-Ji, ia pun seolah sedang memanggil dirinya agar mau mengikuti kucing itu. Benar saja tak berapa lama ia berjalan mengikuti kucing , pohon besar tersebut seketika roboh tersambar petir.

Merasa berhutang budi, sejak saat itu Tuan Tanah kaya raya selalu menyisihkan uangnya untuk disumbangkan kepada Kuil Gotoku-Ji. Dan ia juga merenovasil kuil tersebut menjadi lebih megah dan besar. Selepas Maneki Neko meninggal, para pendeta membuatkan patung kayu untuk mengingat kebaikan dirinya.

https://www.leeandlow.com/books/maneki-neko

Dan sampai kini pun kita masih bisa menemukan Patung Maneki-Neko yang dibuat dari berbagai macam bahan seperti porselin, keramik, perunggu. Kisah kucing keberuntungan ini tak hanya dipercayai orang Jepang saja. Di China pun Maneki Neko dianggap sebagai symbol mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran.


4. Nue

http://yokai-id.blogspot.com/2014/06/nue.html

Kebalikan dari hewan keberuntungan Maneki Neko. Nue adalah makhluk berkepala Monyet,bertubuh Harimau dan memiliki ekor Ular beracun. Jika sampai ada orang yang tak sengaja bertemu Nue, ia akan mengalami nasib sial. Dari menderita penyakit berat, musibah sampai kehilangan pacar harta. Satu-satunya cara untuk menghilangkan kesialan bertubi-tubi tersebut adalah, menggelar ritual pengusiran roh Jahat Nue.


5. Heikegani

https://www.japanpowered.com/folklore-and-urban-legends/heikegani-the-samurai-crab

Alasan mengapa Heikegani ada di daftar ini adalah karena mereka benar-benar ada. Kepiting Heikegani adalah salah satu spesies artropoda asli Jepang. Asalnya, mitos Jepang menyatakan bahwa kepiting ini menanggung wajah Heike samurai yang tewas dalam pertempuran Dan-no-ura, dan memang tubuh kepiting ini mirip wajah manusia.

Carl Saham mengatakan, di masa lalu, orang-orang Jepang hanya memakan kepiting Heikegani yang tidak mirip wajah samurai agar mereka bisa selamat dan mendapat keturunan. Dewasa ini, kebanyakan kepiting ini memiliki tubuh yang menyerupai wajah manusia (meski hanya berdiameter 1 atau 2 inci). Kepiting ini jarang dimakan.


6. Makura-gaeshi

http://grimoriodebestias.blogspot.com/2018/03/makura-gaeshi.html

Yang unik dari cerita rakyat Jepang adalah karena makhluk-makhluknya yang suka melakukan hal-hal aneh. Makura-gaeshi adalah roh jahil yang terkenal suka menggeser bantal saat orang tidur. Beberapa sumber mengatakan mereka juga suka menaburkan pasir di mata manusia dan mencuri jiwa, tapi yang paling dikenal dari kejahilan hantu ini adalah suka menggeser bantal (serius). Tidak ada cerita yang menjelaskan seberapa jauh bantal dipindahkan, beberapa sumber menceritakan mereka hanya menjatuhkan bantal tersebut saat pemiliknya tertidur pulas.


7. Konak jiji

Konak jiji adalah makhluk kecil yang jahat. Hantu ini berbentuk bayi dan bersembunyi dai daerah pegunungan terpencil menunggu pejalan yang tidak bersalah lewat. Ketika korban sudah di depan mata, Konak jiji mulai menangis, dan pejalan kaki yang punya hati tentu akan mencari dan menghentikan tangisan bayi dengan menghiburnya.

http://www.redaksi24jam.com/berita/3-legenda-mitologi-jepang-yang-sangat-mengejutkan/

Padahal itu adalah kesalahan besar. Saat Konak jiji diangkat, beratnya akan bertambah tak tertahankan. Beberapa sumber mengatakan mereka bisa tumbuh hungga 350 kilogram, cukup untuk membuat kerusakan serius bagi siapa yang mengangkatnya. Terkadang si korban tidak bisa menjatuhkan Konak jiji karena lumpuh. Namun, jika ada yang bisa bertahan dengan berat Konak jiji, hal itu akan memberikan kekuatan gaib.


8. Akaname

https://azukiblog.wordpress.com/tag/akaname/

Akaname dapat diartikan sebagai ‘penjilat kotoran’, dan itu tidak salah. Akaname adalah jenis hantu Jepang mengeriikan yang menjilat kamar mandi kotor dengan bantuan lidah dan air liur beracun. Hal ini diyakini merupakan cara orang tua agar anak-anaknya menjaga kebersihan kamar mandi.


9. Ittan Momen

https://yokai.fandom.com/wiki/Ittan-Momen

Ittan momen tampak cukup berbahaya walaupun hanya sepotong kain putih sepanjang 33 kaki. Kebiasaannya terbang beas di malam hari, agak aneh, tapi tidak terlalu menakutkan. Makhluk ini memang tidak menakutkan, sampai mereka melakukan kejahatan mereka. Mereka membungkus kepala orang dan meremukkan tengkoraknya sampai mati. Walau begitu, Ittan momen senang jika mendapatkan kepercayaan dari orang-orang untuk dikenakan. Hal itu masih menjadi misteri.


10. Oni

Oni, bisa diartikan sebagai setan atau iblis. Mahluk yang satu ini berbadan raksasa, warna tubuhnya merah, biru atau hitam. Oni juga memiliki tanduk dan biasanya digambarkan membawa gada besi besar (kanabou). Mereka biasanya digambarkan sebagai para penjaga neraka ala Buddhis Jepang. Secara fisik, mereka raksasa, tapi biasa digambarkan sebagai mahluk bodoh, jahat dan bersifat jelek. Mereka dikenal sebagai penjaga gerbang neraka Buddha.

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Oni2WP.jpg

Mereka juga biasa muncul dalam cerita rakyat jepang seperti Momotaro, Isshun-Boshi, dan lain-lain. Ingat cerita Momotaro? Di cerita itu, Momotaro bertarung melawan segerombolan oni yang sering mengganggu warga kampung. Di Jepang setiap tanggal 3 Februari, biasanya orang jepang melakukan ritual pengusiran iblis, yaitu upacara melempar kacang. Kacang yang melambangkan kemakmuran, dilempar keluar dari rumah dengan meneriakan “Fuku wa uchi, oni wa soto” (nasib baik datang, oni pergi). Upacara ini untuk mengusir nasib buruk dari rumah dan mendatangkan keberuntungan.


11. Tengu

Makhluk mitologi Jepang paling Seram dan terkenal yang lain adalah Tengu ni Naru atau dijuluki juga dengan nama Geha-sama. Dalam cerita legenda rakyat Jepang, Tengu dikenal sebagai Makhluk Sakti penjaga Gunung atau bukit persawahan. Penampakan dirinya selalu ditandai dengan burung elang atau gagak terlebih dahulu. Sekilas melihatnya ia tak jauh berbeda dengan manusia, ia selalu memakai pakaian Pendeta Yamabushi.

https://www.deviantart.com/manzanedo/art/Tengu-704583085

Namun saat menatap wajahnya dari dekat sungguh menyeramkan, Tengu mempunyai hidung panjang seperti Pinokio. Kulit wajahnya pun berwarna merah menyala dan kuku tangan serta kakinya sangat panjang. Tengu juga dikatakan sebagai Makhluk mitologi yang memiliki kesaktian hebat. Dengan sepasang sayapnya, Tengu bisa terbang cepat melintasi langit malam sambil membawa pedang besar tachi dan berpindah-pindah tempat untuk mengganggu manusia. Sosok Tengu memang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala suka mengganggu orang-orang beriman yang sedang mendalami ajaran Agama Buddha.


Nah itulah top info dunia hari ini mengenai makhluk mitologi jepang paling populer. Semoga bermanfaat
Load disqus comments

2 comments