5 Kasus Kelaparan Terparah Di Dunia

5 kasus kelaparan terparah di dunia - hidup di dunia tidaklah selalu indah dan tidaklah selalu menyenangkan. Walaupun saat ini hidup kita berkecukupan dan terjamin, namun pada faktanya masih ada saudara-saudara kita di luar sana yang menderita kelaparan. Naas'nya, kasus kelaparan ini terjadi dari awal adanya manusia hingga sampai saat ini.

Tercatat dalam sejarah ada beberapa kasus kelaparan terparah di dunia. Entah apa penyebabnya sehingga beberapa daerah bisa mendapat bencana kelaparan bahkan terparah di dunia. Oke, langsung saja kita lihat kilas balik catatan sejarah berikut mengenai 5 kasus kelaparan terparah di dunia.


1. Kelaparan China 1958-1962


Kelaparan yang terjadi di China pada tahun 1958 sampai 1962 ini merupakan bencana kelaparan terparah yang pernah dialami oleh China penyebab kelaparan ini terjadi murni karena ulah pemerintah yang mau memusnahkan populasi manusia yang tidak diinginkan pemerintah. Dalam melakukan tujuanya itu pemerintah China sengaja merampas tana petani dan banyak petani yang dijadikan buruh industri besi sehinga bahan pangan menjadi langka. Kelaparan ini menyebabkan 43 juta orang meninggal dunia.


2. Kelaparan India 1783
India juga pernah mengalami bencana kelaparan paling parah yakni pada tahun 1783 bencana kelaparan ini dikenal sebagai bencanan. Ksusu kelaparan yang terjadi ini karena tahun itu India mengalami kekeringan yang sangat parah banyak tumbuhan mati akibat kekeringan yang mengakibatkan bahan pangan menjadi langka. Kasus kelaparan ini setikdanya menewaskan 11 juta rakyat India.


3. Kelaparan Uni Soviet 1932-1933


Uni Sovyet pernah mengalami bencana kelaparan terparah pada tahun 1932 sampai 1933 bencana kelaparan ini terjadi karena pemerintah memberlakukan program kolektifitas tanah pertanian. Koletifitas tanah pertanian mengacu pada sistem perampokan lahan oleh pemerintah pada saat itu dipimpin oleh Joseph Stalin. Pemerintah menanam tanah-tanah itu dengan benih namun penggarapannya kurang maksimal benih akhirnya tidak tumbuh. Kelaparan massal melanda. Peristiwa ini membunuh sekitar 10 juta orang.


4. Kelaparan Bengali 1770 dan 1943


Wilayah India Bengali juga pernah menderita akibat kasus kelaparan yang sangat parah yang menewaskan setidaknya 17 juta orang.Kasus kelaparan pertama terjadi pada tahun 1770 ketika itu derah ini dikuasi Inggris selain masalah kekeringan pemerintah inggris waktu itu lebih menyukai menanam candu dari pada beras karena harganya jauh lebih tinggi akibatnya warga menjadi kelaparan bahkan inggris menolak untuk menyuplai makanan ke derah ini. 

Sementara pada 1943 selain disebabkan bencana alam, perang dunia ke II juga membuat Bengali kehilangan mitra dagang mereka terbesar yakni Myanmar. Ditambah banjir besar yang memporak-porandakan lahan pertanian. Sekitar 90 persen sektor ini hancur dan persediaan makanan tidak ada.


5. Kelaparan Korea Utara 1994-1998
Korea utara merupakan negara yang paling sering mengalami kasus kelaparan sebab negara ini mendapatkan sangsi ekonomi dari Dunia akibat program Nuklirnya.

Kasus kepalaran paling parah [ernah terjadi di Korea Utara pada tahun 1994-1998. Peristiwa ini terjadi lantaran gabungan dari bencana alam dan ulah pemimpinnya Kim Jung Il. Pada 1995 banjir besar menghancurkan 1,5 juta ton tanaman padi. 

Lalu disusul kebijakan politik Jung Il yang menyuruh warganya untuk menempatkan kepentingan militer di atas segala-galanya. Seluruh milik sipil dirampas demi kebutuhan angkatan bersenjata. akibatnya 3 juta orang tewas kelaparan, termasuk bayi-bayi lahir dengan penyakit


Demikianlah informasi unik mengenai 5 kasus kelaparan terparah di dunia. Semoga semakin lama dunia ini semakin membaik, bukan semakin buruk. Mari sobat bantu saudara-saudara kita yang kelaparan, dan jangan suka membuang makanan yah ^_^ .
4.5
Load disqus comments

0 comments