7 Fakta Tersembunyi Mengenai Binatang Peliharaan

7 fakta tersembunyi mengenai binatang peliharaan - manusia tidak selalu hidup dengan manusia saja. Ada kalanya manusia ingin hidup dengan makhluk lain seperti binatang. Maka dari itu, manusia memiliki inisiatif untuk memelihara binatang sebagai teman mereka.

Ada banyak jenis binatang yang dapat dijadikan binatang peliharaan namun kebanyakan manusia memilihara binatang yang jinak dan yang mudah bersahabat dengan manusia. Di samping memiliki sisi positif sebagai teman manusia, tentunya binatang peliharaan juga memiliki sisi negatif untuk manusia dan celakanya sisi negatif binatang peliharaan tersebut jarang diketahui oleh kita karena kita menganggap binatang peliharaan adalah binatang yang sudah akrab dengan kita.

Berikut adalah 7 fakta tersembunyi mengenai binatang peliharaan yang wajib anda ketahui.



7. Gigitan Kucing Sangatlah Berbahaya


Mungkin beberapa dari Anda sudah tahu bahwa gigitan kucing memang dapat beracun dan berbahaya. Untuk informasi, sebuah gigitan kucing dapat berakhir dengan infeksi bakteri yang sangat serius. Memang penanganannya sangatlah mudah hanya denga penicillin, tetapi jika dibiarkan begitu saja, khususnya pada orang tua, maka akan menjadi hal yang tidak boleh diremehkan.

Bakteri tersebut akan perlahan-lahan di bawah kulit Anda, menyebar ke sistem limpa dan dalam kasus yang sangat unik, mengarah ke kematian. Merupakan ide yang sangat baik untuk pergi ke dokter jika Anda digigit atau dicakar oleh hewan peliharaan Anda.


6. Hamster Dapat Memakan Anak Mereka Sendiri


Beberapa dari Anda yang memelihara Hamster mungkin mengetahui bahwa ibu Hamster dapat melakukan aksi kanibalisme pada saat mereka telah melahirkan dengan memakan bayi atau anak mereka sendiri. Tapi hal ini juga tidak terbatas hanya kepada hamster betina, hamster jantan juga dapat memakan bayi hamster jika mereka merasakan kekurangan makanan. Oleh karena itu pisahkanlah hamster jantan dengan hamster betina jika hamster betina sedang hamil.

Ada berbagai alasan mengapa hal ini dapat terjadi terutama karena Ibu Hamster sangatlah sensitif dalam masa kelahiran anak-anak mereka, mereka akan memakan anak mereka sendiri jika mereka merasa dalam bahaya, kandang yang terlalu kecil, bayi yang terlalu banyak, serta bau manusia. Usahakan jangan menyentuh bayi hamster, hal ini akan membuat si ibu hamster tidak dapat mencium bau anak mereka dan mengira anak mereka adalah predator yang mengancam.


5. Burung Nuri Adalah Burung Yang Mengerikan


Burung nuri adalah salah satu burung peliharaan terpopular sebagai burung peliharaan. Tidak seperti kebanyakan burung serupa lainnya, burung nuri sangatlah ramah, berinteraksi dengan manusia sangat baik dan sangat mudah untuk diberi makan. Memang, jika berdasarkan hal ini, burung nuri merupakan burung peliharaan terbaik tapi itu semua tidak tanpa kerugian.

Ketahuilah bahwa mereka dapat menghasilkan sebuah serbuk halus atau kotoran yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru, yang dikenal sebagai "bird fancier's lung". Hal lain yang menjadi alasan mengapa burung nuri disebut begini adalah karena sering berhubungan dengan burung ini juga memberikan resiko akan penyakit lain yang disebut "parrot fever (psittacosis)". Selain itu jika burung nuri tidak dirawat dan diletakkan dalam kandang yang benar, burung nuri ini dapat mencabik diri mereka (self-mutilation)  dan mencabut bulu mereka sendiri (feather-plucking).


4. Anjing, Keringat, Dan Panas


Jika Anda memelihara atau melihat anjing, apakah Anda menyadari bahwa mereka tidak pernah berkeringat dan mengapa mereka selalu terengah-engah? Sama halnya seperti manusia, anjing juga mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan keringat namun dalam cara yang berbeda, yaitu melalui kaki dan telapak kaki mereka.

Sedangkan alasan mengapa mereka selalu terengah-engah, itu adalah cara mereka untuk menghilangkan panas tubuh mereka. Jika Anda melihat hal ini pada anjing Anda, khususnya bulldog dan pug, maka berahati-hatilah karena mereka sangat memiliki resiko tinggi untuk merasakan panas berlebih.


3. Gigitan Kodok Adalah Hal Yang Serius


Kita sering mengira bahwa kodok pada umumnya merupakan hewan yang tidak akan berbahaya bagi manusia, terlepas dari beberapa kodok yang memiliki racun mematikan. Beberapa pemilik hewan peliharaan, memilih kodok sebagai salah satu alternatif hewan peliharaan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa gigitan kodok tidak boleh diremehkan? Khususnya dari kodok yang bernama Pacman Frog atau Ceratophrys.

Dikenal sebelumnya sebagai Kodok Bertanduk Argentina, dapat bertumbuh hingga panjangnya 16 cm dan akan makan hingga apapun yang dapat dimakannya, hingga mengkanibal kodok lainnya. Bahkan saking menyakitkannya, ada mitos bahwa kodok ini dapat membunuh kuda yang sedang merumput dengan menggigit dan bergantung bibir kuda tersebut. Kodok jenis ini juga dapat mengeluarkan suara seperti teriakan mamalia kecil.


2. Anjing dan Kucing Dapat Membutakan Anda


Sudah pengetahuan umum bahwa seluruh kotoran dan interaksi dengan binatang peliharaan dapat menjadi sumber dari parasit. Namun interaksi dengan anjing atau kucing dapat berakhir dengan parasit cacing khusus yang menyebabkan Toxocariasis.

Toxocariasis sendiri dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik, selain itu juga dapat menyebabkan rasa demam, kesulitan bernafas, serta infeksi retina tingkat lanjut yang mengarah ke kebutaan permanen. Setiap tahunnya ada ribuan kasus terkait hal ini terjadi di US. Oleh karena itu sangatlah disarankan untuk mencuci tangan setelah berinteraksi dengan binatang peliharaan Anda.


1. Tikus Akan Pura-Pura Mati Saat Mereka Ketakutan


Terkadang saat seekor tikus berada dalam situasi yang sangat mereka takuti maka mereka akan tiba-tiba berhenti atau pura-pura mati. Hal ini mungkin bukan disengaja tapi merupakan akibat dari rasa takut berlebih dalam diri mereka dan membuat mereka tidak dapat bergerak.

Ini juga tergantung dari lingkungan mereka berada, jika mereka berpikir mereka dapat kabur dari situasi tersebut karena banyaknya tempat bersembunyi maka mereka akan mencoba kabur. Jika tidak, maka mereka akan seperti pura-pura mati.


Demikianlah informasi unik mengenai 7 fakta tersembunyi mengenai binatang peliharaan. Walaupun anda mencintai binatang peliharaan anda, tetaplah berhati-hati karena binatang adalah makhluk hidup yang tidak memiliki akal budi dan bisa saja membahayakan anda sewaktu-waktu. Semoga informasi diatas bermanfaat. 4.5
Load disqus comments

0 comments