Penyakit Kanker Pada Anak

penyakit kanker pada anak - mungkin anda semua bingung dengan maksud dari judul artikel kali ini. Apabila sobat pembaca bingung, saya beri penjelasan bahwa artikel kali ini menjelaskan tentang macam-macam kanker yang dapat menyerang anak-anak.

kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang sangat susah untuk disembuhkan. Perlu suatu mukjizat dari Tuhan untuk dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit kanker. Mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa penyakit kanker hanya menyerang orang dewasa saja. Namun sangat disayangkan pernyatan tersebut salah besar.


Saat ini kanker juga mudah menyerang anak-anak. Sudah banyak media dan bahkan organisasi peduli kanker yang memberitakan kabar ini. Kanker memang susah untuk disembuhkan, tetapi dapat dicegah. Namun kanker pada anak-anak umumnya susah untuk dicegah.

Berikut beberapa penyakit kanker pada anak dan gejala-gejala yang menyertainya.

Berikut 5 penyakit kanker anak yang sering diderita serta gejalanya: 

1. Leukemia (kanker darah)
Leukemia atau yang lebih dikenal sebagai kanker darah adalah salah satu jenis penyakit kanker yang paling sering menyerang anak-anak. Leukemia disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang. Gejala yang ditimbulkan anak yang mengidap penyakit ini adalah pucat, demam tanpa sebab yang jelas, nyeri pada tulang, perut bengkak dan keras serta perdarahan seperti mimisan atau bintik-bintik merah di kulit. 


2. Retinoblastoma (kanker mata)
Kanker mata ini terjadi pada daerah di belakang mata yang peka terhadap cahaya. Pada umumnya penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun.  Seperti halnya leukemia, retinoblastoma juga bisa menyebar hingga tulang. Gejala yang muncul jika menderita penyakit ini adalah sindrom mata kucing (white pupil), juling (strabismus), dan peradangan jaringan mata (cellulitis). Jika bola mata tampak menonjol, ini menunjukkan bahwa kanker sudah berada pada stadium lanjut.


3. Osteosarkoma (kanker tulang)
Adalah penyakit karena pertumbuhan tulang yang tidak normal. Penyakit ini paling banyak ditemukan pada anak-anak berkelamin laki-laki. Gejalanya akan tampak seperti rematik pada orang dewasa yang tidak hilang-hilang, yang biasanya muncul pada waktu malam. Tulang juga menjadi rapuh sehingga mudah sekali mengalami patah tulang. 


4. Neuroblastoma (kanker saraf)
Kanker ini berasal dari jaringan yang membentuk sistem saraf simpatis. Kanker ini kebanyakan ditemukkan pada bayi baru lahir dengan perbandingan kasus pada anak laki-laki 1,2 kali lebih banyak daripada anak perempuan. Gejala awal neuroblastoma antara lain benjolan di perut serta perdarahan pada mata. Perdarahan pada amata akan memberi warna kebiruan di sekutar kantong mata, sehingga disebut sebagai sindrom mata rakun.


5. Limfoma Malignum
Limfoma malignum, yaitu keganasan pada sel limfosit. Kanker ini paling sering ditemukan pada anak usia 7-10 tahun. Gejalanya adalah pembesaran kelenjar getah bening asimetris yang tidak nyeri, demam, keringat pada malam hari, tidak nafsu makan, anemia dan infeksi.

Berdasarkan data WHO, setiap tahunnya penderita penyakit kanker bertambah dan sekitar 4% adalah kanker anak dan menyebabkan kematian. Pengobatan dan perawatan anak penderita kanker sangat menguras tenaga, pikiran, dan biaya.


Demikian info mengenai beberapa penyakit kanker pada anak. Penyakit kanker tersebut juga dapat menyerang orang dewasa tentunya. Kenali dan pahami gejala-gejala tersebut dan sedikit info bagi yang ingin membantu korban penderita penyakit kanker bisa mengikuti Aksi Peduli Panadol dengan mengupload foto dan beri cerita singkat tentang foto anda. Dengan mengupload foto tersebut maka Anda turut membantu membangun rumah singgah bagi anak penderita penyakit kanker anak, dan foto Anda bernilai Rp. 5,000.
Load disqus comments

0 comments