10 Spesies Unik Di Dunia


10 Spesies Unik Di Dunia – Di dunia ini dihuni oleh banyak spesies yang jumlahnya mencapai jutaan spesies. Terdapat spesies mulai yang paling kecil yang harus dilihat menggunakan alat bantu khusus hingga spesies yang besar.

Dari sekian banyak spesies-spesies tersebut, ada diantaranya yang memiliki keunikan dan berbeda dari spesies lainnya. Keunikan spesies ini bisa dilihat dari bentuknya yang tidak umum atau m,ungkin tingkah lakunya. Berikut 10 spesies unik di dunia.


1. Sea Pig
















Sea Pig erat kaitannya dengan teripang, bagian dari Animalia. Panjangnyasekitar 4 inci, memiliki 10 tentakel seperti kaki yang digunakan untuk berjalandan mencari makan di dasar laut.

Sungguh unik cara Sea Pig menyeleksi makanannya, yaitu menggunakan indra penciuman (aroma), lalu menyingkirkan partikel organik dari lumpur dengan mengempis dan menggembungkan tentakel, barulah memakan partikel yang terperangkap dalam tentakel mereka.


2. Yeti Crab














Kepiting yeti ditemukan pertama kali tahun 2005 oleh ahli biologi laut diSamudera Pasifik.Karena bulu-bulunya mirip mahluk mitos Yeti (legenda padang salju), maka namanya pun serupa. Habitatnya di celah hidrotermal laut pasifik.


3.Viperfish















Viperfish merupakan ikan laut yang hidup di perairan tropis dan subtropis.Ukurannyabervariasi,antara  12 sampai 24 inci, hidup di kedalaman 250sampai 5.000 kaki.

Ikan ini dapat hidup sampai 40 tahun dan tercatat dalam Guinness worldrecord untukgigi terbesar dibandingkan dengan ukuran kepalanya.


4. Japanese Spider Crab















Japanese Spider Crab (sebut saja JSC) adalah arthropoda terbesar, dengan rentang kaki bisa mencapai 3,6 meter. Habitatnya di kedalaman 150-800 meter dilepas pantai selatan pulau Honshu, Jepang. Umurnya bisa mencapai 100 tahun.


5. Giant Isopod














Giant Isopod hidup di laut yang sangat dalam (zona bathypelagic) sekitar 7.020 kaki dibawah permukaan laut. Ukurannya:panjang bisa sampai 14 inci dan tinggi 30 inci. Organisme ini memiliki kemampuan untuk bertahan hidup tanpa makanan selama lebih dari delapan minggu!


6. Chinese Giant Salamander
















Organisme ini adalah salamander  terbesar yang diketahui ada dan habitatnya meliputisungai dan danau seta pegunungan di China. Salamander ini bisa tumbuh hingga 73 inci dan hidup sampai usia 80 tahun.

Salamander Raksasa ini tidak memiliki kelopak mata, sehingga mencari makan tergantung pada sensor untuk mendeteksi getaran.


7. Olm
















Olm merupakan organisme buta yang hidup di gua-gua air bawah tanah. Ukurannya sekitar8-12 inci. Cara bernapasnya cukup unik, Olm tidak hanya memiliki insang,namun juga paru-paru (walau jarang digunakan selama proses pernapasan).Seperti salamander raksasa dari China, Olm pun tergantung pada akal penciuman untuk bertahan hidup.


8. Giant Grenadier
















Giant grenadier adalah satu-satunya anggota genus Albatrossia yang ditemukan di sepanjang bagian utara Pasifik dari Jepang ke Okhotsk dan laut Bering. Ikan ini bisa mencapai tujuh meter panjangnya dan hidup sampai setidaknya 56 tahun.


9. King of Herrings















Ikan ini  juga dikenal sebagai oarfishl, adalah ikan bertulangterpanjang yang ada.Dapat ditemukandi kedalaman dari 300-1000 meter, selalu di bawah laut dan sangat jarang munculke permukaan. Panjangnya 16 kaki. Pertama kali ditemukan terdampar mati dipantai di Bermuda tahun 1860.


10.Angora Rabbit
















Bukan hanya kucing yang memiliki jenis angora, kelinci pun ada. Ya, kelinci angora berasal dari Angora, Turki. Beratnya bisa mencapai 12 kilogram. Ada lima jenis ras kelinci Angora termasuk Inggris, Jerman, Giant, Perancis dan Satin.


Demikianlah informasi mengenai 10 spesies unik di dunia. Mungkin masih banyak spesies-spesies unik lainnya yang dapat kita temukan di dunia ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Jangan lupa baca juga . Terima kasih.
Load disqus comments

0 comments