5 Kebiasaan Makan Yang Bikin Cepat Gemuk

5 Kebiasaan Makan Yang Bikin Cepat Gemuk - Makan memang suatu hal pokok yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Makanan sendiri sangat berguna bagi tubuh manusia oleh karena itu manusia harus makan. tetapi perlu kita ingat bahwa sering makan alias rakus dapat memberikan efek negatif juga. Terdapat 5 Kebiasaan Makan Yang Bikin Cepat Gemuk, ini dia kebiasaan makan tersebut :

1. Mengunyah terlalu cepat
Mengunyah makanan terlalu cepat adalah kebiasaan makan yang paling buruk, karena Anda tidak mengunyah makanan secara sempurna sehingga sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencerna makanan tersebut. Selain itu, terlalu cepat mengunyah dan menelan makanan akan menyebabkan perut terasa kembung. Otak Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal bahwa perut sudah terisi penuh. Hindari mengonsumsi cemilan yang tidak perlu, pilihlah makanan yang sehat, dan banyak minum air putih ketika makan.


2. Makan sambil beraktivitas
Kebiasaan ini juga harus dihindari apabila Anda ingin hidup sehat. Hindari makan ketika anda sedang menyetir, berbelanja, atau bekerja. Sediakanlah waktu khusus diantara kesibukan anda untuk makan. Selain itu, makan sambil menonton televisi atau sambil main komputer juga merupakan kebiasaan yang buruk karena Anda akan lebih berkonsentrasi pada aktivitas yang sedang dilakukan dibandingkan makan.


3. Terlalu banyak makanan manis
Mengonsumsi gula secara berlebihan hanya akan memberikan tubuh kalori yang tidak dibutuhkan. Mengonsumsi makanan manis memang dapat menmberikan energi namun apabila berlebihan hanya akan menyebabkan kerusakan pada tubuh.


4. Makan karena emosi
Jangan biarkan mood mengatur pola makan Anda. Biasanya apabila sedang frustrasi, dorongan untuk mengonsumsi karbohidrat menjadi lebih besar. Coba alihkan kebiasaan makan kepada aktivitas lainnya seperti berolahraga atau menonton film.


5. Makan sebelum tidur
Kebiasaaan ini sering dilakukan oleh banyak orang, padahal dampaknya sangat buruk bagi tubuh. Seperti mengurangi kualitas dan kuantitas tidur, pencernaan Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.
Load disqus comments

0 comments